TUTORIAL
PROGRAM 2D DAN 3D
Kami
akan menjelaskan bagaimana cara membuat PROGRAM 2D DAN 3D.
Bukalah Program Microsoft Visual
Basic 2010, lalu siapkan form kosong yang pertama dengan pilih new project,
lalu windows form application.
Pertama-tama
buatlah form1 yang memuat :
no
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
PROGRAM 2D DAN 3D
|
2
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
SELAMAT DATANG DALAM PROGRAM 2D DAN 3D
|
3
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
SILAHKAN MEMILIH BENTUK
|
4
|
Combobox1
|
Name
Text
|
Combobox1
PERSEGI
LINGKARAN
KUBUS
BALOK
|
5
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Proses
|
Kemudian
pada bagian listing, tulislah
UNTUK FORM 1
Public Class
Form1
Private Sub Form1_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "PROGRAM 2D DAN 3D"
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR JUDUL FORM1 ADALAH PROGRAM 2D DAN 3D
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If
ComboBox1.Text = "PERSEGI" Then Form2.Show()
If
ComboBox1.Text = "LINGKARAN" Then Form3.Show()
If
ComboBox1.Text = "KUBUS" Then Form4.Show()
If
ComboBox1.Text = "BALOK" Then Form5.Show()
Me.Hide()
End Sub
End Class
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA DITEKAN BUTTON1 MAKA AKAN MUNCUL FORM YANG MEMUAT
BENTUK BANGUN YANG SESUAI DENGAN APA YANG DIPILIH DI COMBOBOX1.
TAMPILAN FORM 1
Kemudian
buatlah form2 yang memuat :
no
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
PROGRAM 2D DAN 3D
|
2
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
PERSEGI
|
3
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
SISI
|
4
|
Label3
|
Name
Text
|
Label3
Luas
|
5
|
Button1
|
Name
Text
|
button1
Kembali
|
6
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Ulang
|
7
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Hitung
|
8
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Lihat Gambar
|
9
|
Rectangleshape1
|
Name
Text
|
Rectangleshape1
|
10
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
11
|
Textbox2
|
Name
Text
|
Textbox2
|
12
|
Textbox3
|
Name
Text
|
Textbox3
|
Kemudian
pada bagian listing, tulislah
UNTUK
FORM 2
Public Class
Form2
Private Sub Form2_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "PROGRAM 2D DAN 3D"
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR JUDUL FORM1 ADALAH PROGRAM 2D DAN 3D
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Me.Hide()
Form1.Show()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA BUTTON1 DITEKAN, FORM2 DISEMBUNYIKAN DAN FORM1
MUNCUL.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
TextBox1.Text = Nothing
TextBox2.Text = Nothing
RectangleShape1.Hide()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR TextBox1 DAN TextBox2 KOSONG
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Dim
SISI As Integer
Dim
LUAS As Integer
SISI = Val(TextBox1.Text)
LUAS = Val(TextBox2.Text)
LUAS = SISI * SISI
TextBox2.Text = LUAS
INI
MERUPAKAN LISTING YANG DIBUAT UNTUK MENDEKLARASIKAN NILAI SISI DAN LUAS KE
DALAM TIPE INTEGER SERTA MEMUAT RUMUS MENCARI LUAS.
If
TextBox1.Text = "" Then MsgBox("MASUKKANNILAI
SISI", 0, "PERINGATAN")
Exit Sub
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH BILA TextBox1 TIDAK TERISI KELUAR MsgBox
Private Sub TextBox1_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If (Not masukan) Then
e.Handled = True
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox1 HANYA ANGKA
SAJA
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
TextBox1.Text = "" Then
MsgBox("SILAHKAN
MASUKKAN NILAI SISI", 0, "PERINGATAN")
RectangleShape1.Visible = False
Exit Sub
ElseIf
RectangleShape1.Visible = True Then
RectangleShape1.Height =
TextBox1.Text * 10
RectangleShape1.Width =
TextBox1.Text * 10
End If
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR UKURAN RectangleShape1 SESUAI DENGAN DATA YANG
DI INPUT.
End Class
Kemudian
buatlah form3 yang memuat :
no
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
PROGRAM 2D DAN 3D
|
2
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
Lingkaran
|
3
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
JARI-JARI
|
4
|
Label3
|
Name
Text
|
Label3
Luas
|
5
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Kembali
|
6
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Ulang
|
7
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Hitung
|
8
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Lihat Gambar
|
9
|
Ovalshape1
|
Name
Text
|
Ovalshape1
|
10
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
11
|
Textbox2
|
Name
Text
|
Textbox2
|
12
|
Textbox3
|
Name
Text
|
Textbox3
|
Kemudian
pada bagian listing, tulislah
UNTUK
FORM 3
Public Class
Form3
Private Sub Form3_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "PROGRAM 2D DAN 3D"
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR JUDUL FORM3
PROGRAM 2D DAN 3D
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Me.Hide()
Form1.Show()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA BUTTON1 DITEKAN, FORM3 DISEMBUNYIKAN DAN
FORM1 MUNCUL.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
TextBox1.Text = Nothing
TextBox2.Text = Nothing
OvalShape1.Hide()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA TextBox1 DAN TextBox2 TIDAK TERISI MAKA
ovalShape1 TIDAK MUNCUL.
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Dim
JARI As Integer
Dim
LUAS As Integer
JARI = Val(TextBox1.Text)
LUAS = Val(TextBox2.Text)
LUAS = 22 / 7 * JARI * JARI
TextBox2.Text = LUAS
INI
MERUPAKAN LISTING YANG DIBUAT UNTUK MENDEKLARASIKAN NILAI JARI DAN LUAS KE
DALAM TIPE INTEGER SERTA MEMUAT RUMUS MENCARI LUAS.
If
TextBox1.Text = "" Then MsgBox("MASUKKANNILAI
JARI-JARI", 0, "PERINGATAN")
Exit Sub
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH BILA TextBox1 TIDAK TERISI KELUAR MsgBox
Private Sub TextBox1_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If (Not masukan) Then
e.Handled = True
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox1 HANYA ANGKA
SAJA
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
TextBox1.Text = "" Then
MsgBox("SILAHKAN
MASUKKAN NILAI JARI-JARI", 0, "PERINGATAN")
OvalShape1.Visible = False
Exit Sub
ElseIf
TextBox1.Text = True Then
OvalShape1.Visible = True
OvalShape1.Height = TextBox1.Text *
10
OvalShape1.Width = TextBox1.Text *
10
End If
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR UKURAN OvalShape1
SESUAI DENGAN DATA YANG DI INPUT.
End Class
TAMPILAN FORM 3
Kemudian
buatlah form4 yang memuat :
no
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
PROGRAM 2D DAN 3D
|
2
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
Kubus
|
3
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
Sisi
|
4
|
Label3
|
Name
Text
|
Label3
Luas
|
5
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Kembali
|
6
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Ulang
|
7
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Hitung
|
8
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Lihat Gambar
|
9
|
picturebox1
|
Name
Text
|
picturebox1
|
10
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
11
|
Textbox2
|
Name
Text
|
Textbox2
|
12
|
Textbox3
|
Name
Text
|
Textbox3
|
Kemudian
pada bagian listing, tulislah
UNTUK
FORM 4
Public Class
Form4
Private Sub Form4_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "PROGRAM 2D DAN 3D"
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR JUDUL FORM4
PROGRAM 2D DAN 3D
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Me.Hide()
Form1.Show()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA BUTTON1 DITEKAN, FORM4 DISEMBUNYIKAN DAN FORM1
MUNCUL.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
TextBox1.Text = Nothing
TextBox2.Text = Nothing
TextBox3.Text = Nothing
PictureBox1.Hide()
End Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA TextBox1,
TextBox2 DAN TextBox3 TIDAK TERISI MAKA PICTUREBOX1
TIDAK MUNCUL.
Private Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Dim
SISI As Integer
Dim
LUAS As Integer
Dim
VOLUME As Integer
SISI = Val(TextBox1.Text)
LUAS = Val(TextBox2.Text)
VOLUME = Val(TextBox3.Text)
LUAS = 6 * SISI * SISI
VOLUME = SISI * SISI * SISI
TextBox2.Text = LUAS
TextBox3.Text = VOLUME
INI
MERUPAKAN LISTING YANG DIBUAT UNTUK MENDEKLARASIKAN NILAI SISI, VOLUME DAN LUAS
KE DALAM TIPE INTEGER SERTA MEMUAT RUMUS MENCARI LUAS DAN VOLUME.
If
TextBox1.Text = "" Then MsgBox("MASUKKAN
NILAI SISI", 0, "PERINGATAN")
Exit Sub
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH BILA TextBox1 TIDAK TERISI KELUAR MsgBox
Private Sub TextBox1_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If (Not masukan) Then
e.Handled = True
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox1 HANYA ANGKA
SAJA
Private Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
TextBox1.Text = "" Then
MsgBox("SILAHKAN
MASUKKAN NILAI SISI", 0, "PERINGATAN")
PictureBox1.Visible = False
Exit Sub
ElseIf
TextBox1.Text = True Then
PictureBox1.Visible = True
PictureBox1.Height = TextBox1.Text
* 10
PictureBox1.Width = TextBox1.Text *
10
End If
End Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR UKURAN picturebox1
SESUAI DENGAN DATA YANG DI INPUT.
End Class
TAMPILAN FORM 4
Kemudian
buatlah form5
yang memuat :
no
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
PROGRAM 2D DAN 3D
|
2
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
Balok
|
3
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
Panjang
|
4
|
Label3
|
Name
Text
|
Label3
Lebar
|
5
|
Label4
|
Name
Text
|
Label4
Tinggi
|
6
|
Label5
|
Name
Text
|
Label5
Luas
|
7
|
Label6
|
Name
Text
|
Label6
Volume
|
8
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Kembali
|
9
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Ulang
|
10
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Hitung
|
11
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Lihat Gambar
|
12
|
picturebox1
|
Name
Text
|
picturebox1
|
13
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
14
|
Textbox2
|
Name
Text
|
Textbox2
|
15
|
Textbox3
|
Name
Text
|
Textbox3
|
16
|
Textbox4
|
Name
Text
|
Textbox4
|
17
|
Textbox5
|
Name
Text
|
Textbox5
|
Kemudian
pada bagian listing, tulislah
UNTUK
FORM 5
Public Class Form5
Private
Sub Form5_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "PROGRAM 2D DAN 3D"
End
Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR JUDUL FORM5
PROGRAM 2D DAN 3D
Private
Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Me.Hide()
Form1.Show()
End
Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA BUTTON1 DITEKAN, FORM5 DISEMBUNYIKAN DAN
FORM1 MUNCUL.
Private
Sub Button3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Dim
PANJANG As Integer
Dim
LEBAR As Integer
Dim
TINGGI As Integer
Dim
LUAS As Integer
Dim
VOLUME As Integer
PANJANG =
Val(TextBox1.Text)
LEBAR = Val(TextBox2.Text)
TINGGI =
Val(TextBox3.Text)
LUAS = Val(TextBox4.Text)
VOLUME =
Val(TextBox5.Text)
LUAS = (PANJANG * LEBAR) +
(LEBAR * TINGGI) * (PANJANG * TINGGI) + (PANJANG * LEBAR) + (LEBAR * TINGGI) *
(PANJANG * TINGGI)
VOLUME = PANJANG * LEBAR *
TINGGI
TextBox4.Text = LUAS
TextBox5.Text = VOLUME
INI
MERUPAKAN LISTING YANG DIBUAT UNTUK MENDEKLARASIKAN NILAI PANJANG, LEBAR, TINGGI,
VOLUME DAN LUAS KE DALAM TIPE INTEGER SERTA MEMUAT RUMUS MENCARI LUAS DAN
VOLUME.
If
TextBox1.Text = "" Or TextBox2.Text = ""
Or TextBox3.Text = ""
Then MsgBox("MASUKKAN
NILAI ", 0, "PERINGATAN")
Exit
Sub
INI MERUPAKAN LISTING AGAR BILA TextBox1 ATAU TextBox2 ATAU TextBox3
TIDAK TERISI MAKA KELUAR MESSAGE BOX.
If
TextBox1.Text = "" Or TextBox2.Text = ""
Or TextBox3.Text = ""
Then TextBox4 = Nothing
End
Sub
INI MERUPAKAN LISTING AGAR BILA TextBox1 ATAU TextBox2 ATAU TextBox3
TIDAK TERISI MAKA TEXTBOX4 KOSONG.
Private
Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
TextBox1.Text = Nothing
TextBox2.Text = Nothing
TextBox3.Text = Nothing
TextBox4.Text = Nothing
TextBox5.Text = Nothing
PictureBox1.Hide()
End
Sub
INI
MERUPAKAN LISTING AGAR KETIKA TextBox1,
TextBox2 , TEXTBOX3, TEXTBOX4 DAN TextBox5 TIDAK TERISI MAKA
PICTUREBOX1 TIDAK MUNCUL.
Private
Sub TextBox1_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If
(Not masukan) Then
e.Handled = True
End
Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox1 HANYA ANGKA
SAJA
Private
Sub TextBox2_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox2.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If
(Not masukan) Then
e.Handled = True
End
Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox2 HANYA ANGKA SAJA
Private
Sub TextBox3_KeyPress(ByVal
sender As Object,
ByVal e As
System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox3.KeyPress
Dim
masukan As Boolean
= Char.IsDigit(e.KeyChar)
If
(Not masukan) Then
e.Handled = True
End
Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR NILAI YANG DIINPUT KEDALAM TextBox3 HANYA ANGKA SAJA
Private
Sub Button4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
TextBox1.Text = "" Or TextBox2.Text = ""
Or TextBox3.Text = ""
Then
MsgBox("SILAHKAN MASUKKAN NILAI", 0, "PERINGATAN")
PictureBox1.Visible = False
Exit Sub
ElseIf
TextBox1.Text = True And
TextBox2.Text = True And
TextBox3.Text = True Then
PictureBox1.Visible = True
PictureBox1.Height =
TextBox1.Text * 10
PictureBox1.Width =
TextBox1.Text * 10
End
If
End
Sub
MAKSUD
DARI LISTING DIATAS ADALAH AGAR UKURAN Picturebox1
SESUAI DENGAN DATA YANG DI INPUT.
End Class
SELAMAT MENCOBAAA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar